Peta Kurikulum

Salah satu acuan utama untuk perumusan kompetensi lulusan program studi S1 Pariwisata adalah ASEAN Common Competency Standard for Tourism Professional (ACCSTP). Program Studi S1 Pariwisata Universitas Gunadarma akan mengambil konsentrasi layanan perhotelan dan layanan perjalanan wisata, dengan menitikberatkan pada layanan front office untuk perhotelan serta agensi perjalanan wisata dan pengelolaan perjalanan untuk layanan perjalanan wisata. Lulusan program studi akan dipersiapkan untuk mempunyai kompetensi setingkat supervisor atau manajer setelah mempunyai pengalaman kerja dan profesi di industri pariwisata. Rumusan kompetensi untuk tingkat manajer dan supervisor pada divisi front office untuk perhotelan sesuai dengan ACCSTP.

                                  

Program studi S1 Pariwisata juga mempunyai kekhususan untuk jasa perjalanan atau destinasi wisata yang terdiri dari dua sasaran kelompok pekerjaan sesauai dengan ACCSTP, yaitu biro perjalanan dan operasi jasa wisata. Kelompok profesi atau cakupan pekerjaan tersebut akan diperkuat dengan keunggulan Universitas Gunadarma di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Agensi dan operasi program wisata terdiri dari dua sasaran pasar, yaitu wisata domestik dan wisata internasional, termasuk program timbal balik untuk mendatangkan wisata mancanegara melalui mitra kerjasama internasional di 8 negara. Standar kompetensi inti, umum, dan fungsional untuk jasa perjalanan wisata menurut ACCSTP.

 

Kompetensi Utama Lulusan merupakan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang terdiri atas:

 

1.Mampu menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik pada area fungsional pada usaha jasa kepariwisataan dengan menggunakan model manajemen dan kepemimpinan yang efektif sehingga menunjukkan kinerja yang tinggi sesuai target kinerja yang diberikan pada skala usaha menengah dan besar dan pada situasi persaingan dan lingkungan eksternal yang berubah.

2.Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi inisiatif produk dan layanan kepariwisataan inovatif strategis; rencana wisata regional dan internasional; program pendekatan budaya secara berkelanjutan sehingga menghasikan produk dan jasa yang berdaya saing sesuai dengan dinamika dan kebutuhan masyarakat pada berbagai segmen.

3.Mampu memberikan jasa konsultasi di bidang kepariwisataan melalui kajian kelayakan usaha, analisis lingkungan, dampak sosial ekonomi, tanggung jawab sosial, analisis lingkungan ekologis, dan kajian regulasi sehingga menghasilkan saran dan rekomendasi yang bersifat komprehensif dan selaras dengan keberagaman kebutuhan para pemangku kepentingan.

4.Mampu memutakhirkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kepariwisataan serta mentransformasikannya di lingkungan akademik atau masyarakat umum sehingga dapat mendukung pembangunan sektor pariwisata berkelanjutan sesuai dengan perubahan lingkungan nasional, regional, dan internasional.

5.Mampu menerapkan pelayanan prima dan bermutu dengan menerapkan system peningkatan mutu berkelanjutan melalui media komunikasi konvensional dan berbasis TIK sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna jasa pariwisata sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap kekayaan budaya nasional.

6.Mampu bertindak secara profesional, berintegritas, etis, taat asas dan norma hukum,dengan menggunakan fungsi dan kewenangannya dalam perusahaan atau lembaga sehinga menunjukkan kinerja profesional yang tinggi sesuai dengan target perusahaan dan standar kompetensi di sektor pariwisata dalam situasi lokal, nasional, dan internasional yang dinamis.

7.Mampu membuat dan mengelola usaha mandiri dan komersial di sektor jasa kepariwisataan dengan menerapkan tata kelola usaha yang baik, etika bisnis, berbasis teknologi informasi, serta peduli pada pemberdayaan masyakarat dan lingkungan sekitar lokasi usaha kepariwisataan sehingga dapat mendukung penciptaan lapangan kerja baik dalam skala kecil maupun menengah.

8.Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang kepariwisataan dan meningkatkan daya saing pariwisata nasional sesuai keragaman dan keunggulan budaya nasional dengan melakukan penelitian dasar dan terapan yang hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

 

Mata kuliah yang mencerminkan kompetensi utama tersebut antara lain adalah Pengantar Ilmu Pariwisata, Pengantar Hospitalitas, Geografi Pariwisata, Manajemen Seni Pertunjukan (event management), Manajemen Transportasi, Kargo, Tata Operasi Darat dan Pasasi, Higiene, Sanitasi Hotel & DTW, Kuliner Indonesia, Reservasi, Airfare Calculation, Biro Perjalanan Wisata, Manajemen Tata Graha, Kuliner, Manajemen Kantor Depan, Pariwisata Berkelanjutan, Ekowisata, Perencanaan Destinasi, Perencanaan Operasi Perjalanan Wisata, Pemanduan dan Interpretasi, Manajemen Tata Hidang, Manajemen Pengolahan Makanan, Manajemen Roti & Kue, Manajemen Atraksi Pariwisata, Agrotourism, Manajemen Kapal Pesiar, Pengemasan Makanan, dan Manajemen Rantai Makanan.

 

Kompetensi pendukung lulusan merupakan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang

terdiri atas:

 

  1. Mampu mendesain produk dan jasa kepariwisataan mulai dari studi kelayakan,penawaran paket wisata, desain ekowisata, promosi perhotelan.
  2. Mampu menjadi pelaku usaha kepariwisataan yang mandiri di sector pariwisata dengan menerapkan norma pengembangan berbasis budaya, masyarakat dan lingkungan.
  3. Mampu mengembangkan produk dan jasa kepariwisataan mulai dari perencanaan,start-up bisnis pariwisata, perancangan tata kelola dan analisis bisnis,rancangan promosi dan pemasaran Kemampuan pendukung tersebut tercermin pada mata kuliah: Sejarah Kebudayaan Indonesia, Ekonomi Pariwisata, Teknologi Informasi, Bahasa Inggris, Akuntansi Pariwisata,Pemrograman Komputer, Bahasa Inggris Pariwisata, Sistem Informasi Pariwisata,Psikologi Pelayanan Pariwisata, Etika Profesi Perhotelan, Bahasa Asing Mandarin, Bahasa Asing Perancis, Hukum Pariwisata, Komunikasi Pariwisata, Pengembangan Masyarakat, Manajemen Sumber Daya Pariwisata, Metode Statistik, Metode Penelitian Pariwisata, Studi Kelayakan Pariwisata.

 

Kompetensi lainnya adalah mampu beradaptasi dan mensejajarkan diri pada jejaring local maupun global melalui kemampuan dan keterampilan dalam memanfaatkan serta mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi secara profesional. Kemapuan kompetensi pilihan tersebut tercermin dapa mata kuliah Pemasaran Pariwisata,Kewirausahaan, Perilaku Organisasi, e-Commerce dan e-Marketing,Kebijakan Bisnis Pariwisata, Pemasaran Pariwisata.

            Jumlah SKS program studi (minimum untuk kelulusan) : 149 SKS yang tersusun sebagai berikut :

 

 

 

 

Jenis Matakuliah SKS Keterangan
(1) (2) (3)
Mata Kuliah Wajib 106 Terdiri dari kurikulum inti dan kurikulum local/institusional.
Mata kuliah Pilihan 43 tersedia 43 SKS dari 86 SKS
Jumlah Total 149