Video Pembelajaran Bahasa Inggris Sastra Inggris. Dosen Inovatif, Anak Kreatif.

Memasuki tahun 2020, pengembangan-pengembangan terus dilakukan oleh dosen Sastra Inggris Universitas Gunadarma untuk menciptakan susasana mengajar yang lebih baik.  Tak hanya untuk para mahasiswa saja, pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris diterapkan pula oleh dosen-dosen Sastra Inggris Universitas Gunadarma. Pengembangan pembelajaran yang dimaksud adalah dengan menggunakan video sebagai luaran kegiatan Abdi Masyarakat (Abdimas) di Rumah Pintar (Rumpin) Keisha. Dosen Inovatif dengan harapan anak lebih kreatif.

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Sastra dan Budaya, Dr.Dr. Ichwan Suyudi, M.M mengatakan video pembelajaran Bahasa Inggris di Rumpin Keisha ini sudah didaftarkan di HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) dengan nomor pendaftaran EC00202004457 pada 20 Januari 2020 lalu.

“Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Kiranya ini menjadi ungkapan untuk para dosen Sastra Inggris yang masih aktif melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyakat (PKM) di Rumpin Keisha. Bagaimana tidak, setelah kurang lebih enam tahun mengabdikan ilmu kepada anak-anak kurang mampu di wilayah Cimanggis-Depok itu, kami dapat membuat video pembelajaran yang terdaftar di HAKI,” terang Ichwan.

Dijelaskan lebih lanjut video tersebut dibuat oleh Ichwan, Ahmad Juma Khatib dan Dian Wulandari. Judul video tersebut adalah “Video Pembelajaran Terjemahan Tata Bahasa untuk Pembelajar Bahasa Inggris pada Pelajar Usia 9-12 Tahun. Kedepannya, video-video pembelajaran ini akan terus dikembangkan untuk memudahkan pembelajar memahami pembelajaran Bahasa Inggris.

“Setelah pandemi Covid-19, para dosen nantinya akan lebih produktif lagi dengan menciptakan video-video pembelajaran yang merupakan bentuk luaran kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, dan ini bagus untuk menarik minat peserta didik belajar. Selain itu dengan bantuan video pembelajaran, menumbuhkan minat pada anak untuk belajar,” tuturnya. 

Ichwan juga berharap dengan kegiatan PKM ini semoga ilmu yang diajarkan bermanfaat bagi anak-anak di wilayah Cimanggis, Depok. “Meski pandemi, harapan saya terhadap dosen-dosen Sastra Universitas Gunadarma untuk terus berkarya, dan semangat mencerdaskan anak bangsa, bukan hanya di kampus, tapi juga di lingkungan manapun,”harapnya.

Eka Ardhinie


  • 2020-06-26 10:00:04 WIB