Cologne Cathredal, Warisan Dunia dari Koln

Jarak dan waktu tempuh Amsterdam-Koln (google map)

Jarak dan waktu tempuh Amsterdam-Koln (google map)

Kami berdua belas orang sempat singgah semalam di Koln pada tanggal 2 Desember 2016. Kunjungan ke kota di Jerman sebelah barat tersebut dilakukan setelah singgah dua malam sebelumnya di Den Haag dan Amsterdam. Perjalanan dari Amsterdam ke Koln berjarak 262 km dapat ditempuh sekitar  3 jam dengan ICE (Inter City Express).

Stasiun kereta Koln (doc.bhermana)

Stasiun kereta Koln (doc.bhermana)

Tepat di samping stasiun kereta di tengah kota, berdiri megah katedral tua. Katedral tersebut menjadi salah satu ikon dan landmark kota Koln. Kini katredal tersebut sedang direnovasi. Bangunan dengan arsitektur gothic tersebut menjulang tinggi dengan kombinasi warna hitam dan putih yang dominan. Bangunan bagian samping tampak keemasan di waktu malam jika  dilihat  dari depan stasiun kereta Koln.

Katedral Koln (doc.bhermana)

Katedral Koln dari sisi samping (doc.bhermana)

Katedral Koln ditetapkan sebagai warisan dunia oleh Unesco sejak tahun 1996. Bangunan lengkapnya baru dapat diselesaikan hampir tujuh abad. Pembangunan dimulai  tahun 1248 dan selesai tahun 1880. Mengutip informasi dari Pusat Warisan Dunia Unesco di sini, katedral terdiri dari lima lorong basilica sepanjang 144,5 meter dengan menara depan menjulang dan meruncing dengan tinggi 157,22 meter. Mahakarya gotik tersebut menjadi bukti kejayaan Eropa pada abad pertengahan dan tetap berdiri megah di era modern.

Katedral tampak depan (doc.bhermana)

Katedral tampak depan (doc.bhermana)

Tulisan terkait:

Sepekan di Eropa Daratan

Post Your Thoughts


+ 8 = sebelas