Arsip Konferensi Asia-Afrika Jadi “Memory of the World”

 

Setelah naskah kuno La Galigo, Negara Kertagama,  dan Babad Dipenogoro, Indonesia berusaha mendaftarkan arsip bersejarah tentang  Konferensi Asia-Afrika ke UNESCO untuk dijadikan “Memory of the World”. Akhirnya catatan sejarah tersebut direkomendasikan untuk masuk dan diakui dalam program memori dunia pada tahun 2015 ini.

Suasana Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka Bandung (sumber foto: Arsip Nasional Republik Indonesia)

Suasana Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka Bandung (sumber foto: Arsip Nasional Republik Indonesia)

Program “Memory of the World” yang diselenggarakan oleh Unesco bertujuan untuk melindungi catatan tertulis yang bernilai sejarah di berbagai negara. Untuk menjadi memori dunia, Unesco membuat persyaratan yang relatif ketat sehingga tidak semua usulan naskah berseharahbatau naskah kuno otomatis menjadi memori dunia. Unesco melakukan sidang untuk mengevaluasi usulan dari berbagai negara dan hasil sidangnya berupa rekomendasi usulan yang diterima menjadi memori dunia. Unesco mempublikasikan daftar memori dunia tersebut setiap dua tahun.

Naskah pertama dari Indonesia adalah La Galigo pada tahun 2011, disusul oleh Babad Diponegoro dan Naskah Negarakertagama pada tahun 2013. Naskah Asia Afrika diusulkan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2014. Penjelasan tentang naskah konferensi tersebut di laman Unesco adalah sebagai berikut:

“The Asian-African Conference (AAC) Archives is a set of documents, pictures and films related to the Conference held in Bandung, Indonesia, from 18 to 24 April 1955. The conference was the first international assembly of Asian-African nations, aimed to promote world peace and cooperation, and freedom from colonialism and imperialism. The Conference was attended by 29 Asian and African countries.”

Selain empat dokumen sejarah tersebut, ada satu naskah bersejarah lainnya yang ada kaitannya dengan sejarah Indonesia, yaitu arsip tentang VOC. Namun naskah tersebut diajukan oleh Pemerintah Belanda.”

Post Your Thoughts


3 × satu =